KNPID Gela Rapat Geber Rencana Kerja 2018

 

Rapat pemanasan dalam rangka pelaksanaan rangkaian kegiatan Program Inovasi Desa 2018 kembali digelar oleh KNPID. Bertempat di ruang meeting kantor KNPID, Didik menyegarkan forum dengan mempresentasikan alur kegiatan PPID selama 2018. Dalam presentasinya, Didik menyampaikan pertaruhan terbesar pelaksanaan kegiatan PPID 2018 berada pada bulan-bulan Maret hingga Juni. Karena pada tahapan tersebut adalah tahapan dimana pelembagaan inovasi desa harus dikawal sehingga akan lahir rencana program prioritas pembangunan desa yang memiliki visi inovatif.

Di samping itu juga pada bulan-bulan tersebut ada fase di mana pembekalan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan capturing dan optimalisasi jasa layana teknis. Karenanya, ia menyarankan tim KNPID agar segera mendetailkan rencana aksi, mulai dari pembuatan jadual sampai dengan perangkat dokumen pelatihan seperti buku saku dan modul.

Dalam kesempatan itu, Didik juga mengingatkan agar mendorong para konsultan PID di daerah agar mengupdate TIK. Karena, imbuhnya, banyak daerah mengeluarkan SK pembentukan TIK hanya untuk tahun anggaran 2017. Padahal keberadaan TIK disetup selama program inovasi desa bekerja. Demikian pul dengan TPID, tambahnya. Apalagi TPID nanti menjaddi ujung tombak dari pengelolaan pengetahuan, yaitu yang melakukan dokumentasi dan capturing praktik inovasi desa.

Terkait dengan agenda capturing, Fuad mengingatkan bahwa output dalam bua bentuk, yaitu narasi dan video. Pendapat tersebut dibenarkan oleh Ismail. Ismail menambahkan, salah satu agenda utama yang akan dilakukan diawal tahun 2018 ini yakni menyiapkan modul dan melatih TPID terampila melakukan capturing. Didik mengingatkan sebelum melakukan capturing, hal yang penting dilakukan adalah mengawal dan mendorong TPID segera melakukan Musyawarah Antar Desa (MAD) untuk mengidentifikasi dan menvrerifikasi subyek pengetahuan yang akan dicapture berdasarkan kartu ide dan kartu komitmen yang terkumpul dalam agenda BID akhir tahun 2017 lalu. Lalu, hasil indentifikasi tersebut diserahkan kepada TIK untuk diseleksi, diferisikasi sehingga didapatkan calon subyek capture yang ideal untuk didokumentasikan.

1 thought on “KNPID Gela Rapat Geber Rencana Kerja 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *